Slewing Bearings

Slewing Bearings

Slewing bearing atau slewing ring adalah sebuah elemen bantalan (bearing) yang berotasi dan biasanya berfungsi menyokong muatan atau beban yang berat, tetapi lambat berputar (slow-turning) atau lambat bergerak (slow-oscillating). Sering kali berupa platform horizontal seperti derek konvensional, swing yarder, atau platform kincir angin berporos horizontal yang menghadap angin.

Di dalam sebuah sistem mesin, banyak sekali komponen yang digunakan untuk membangun mesin agar bisa bekerja dengan baik. Dengan ukuran beragam pula, baik besar atau pun kecil, semua komponen tersebut ada agar mesin tidak mengalami masalah hingga kegagalan fungsi yang dapat merugikan Anda. Jika melihat komponen berukuran kecil tapi sangat berguna, maka slewing bearings adalah salah satunya. Benda tersebut merupakan sebuah bantalan yang bisa memiliki rotasi dan biasanya digunakan untuk menopang muatan atau beban yang berat dan memiliki gerakan berputar.

Dari segi bentuk, slewing bearings ini lebih tipis dibandingkan tipe bearings lainnya. Biasanya diameternya mencapai ukuran sekitar satu meter, bahkan bisa lebih. Jika diperhatikan, ada tiga cincin yang biasanya digunakan, yaitu satu cincin dalam dan dua cincin luar. Selain itu, bagian luarnya pun memiliki bentuk bergerigi sepanjang cincin dalam posisi yang rapat. Fungsinya untuk menggerakan bantalan ini agar bisa berjalan dengan baik ke dalam posisi yang sudah ditentukan dan memiliki rel sendiri.

Keunggulan dari bantalan ini salah satunya adalah lebih mudah dalam hal perawatannya yakni dengan melakukan pelumasan secara berkala. Untuk kebutuhan slewing bearings dari produk berkualitas dan terbaik, Anda bisa mendapatkannya di Logam Makmur. Di sini kami menyediakan produk bantalan dengan berbagai ragam jenis yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan mesin industry maupun otomotif.