Ball Bearings

Bearings

Ball bearing merupakan bearing yang paling umum dan tak hanya digunakan untuk automotive equipment. Biasanya komponen ini digunakan pada mesin dan alat-alat rumah tangga.

Bearing ini punya kinerja sederhana tapi gerak putarnya efektif. Sehingga menjadi bearing yang paling banyak dipakai karena bisa mewakili baik beban putar (radial load) ataupun beban tekan dari samping (thrust load). Meski punya kemampuan bagus, tetapi usahakan untuk dipakai pada beban yang tidak terlalu berat.

Tidak hanya digunakan untuk peralatan otomotif, penggunaan ball bearing juga bisa kita temukan pada mesin dan peralatan rumah tangga. Contohnya pada penggunaan kereta dorong. Konsep dasar dan cara kerjanya adalah dua benda saling bergesekan dengan gerakan menggelinding, sehingga menurunkan gaya gesekan dan membuat beban kerja semakin berkurang serta dapat mempercepat pergerakan. Fungsi lainnya pada sebuah kendaraan bermotor adalah mempengaruhi pada tingkat konsumsi bahan bakar. Bila putaran semakin baik, maka akan semakin irit.

Pada mesin untuk industri, penggunaannya dibutuhkan untuk mempercepat proses produksi. Bila mesin tersebut dapat menggunakan ball bearing dengan baik, selain mempercpat waktu produksi, hasilnya juga sangat baik. Tidak ketinggalan minimalisir risiko-risiko lainnya yang bisa mengganggu proses produksi.

Mekanisme kerja dalam menahan beban yang ada ditransfer dari outer surface ke balls, lalu akan dikirimkan lagi ke bagian inner surface. Ball tersebut memiliki bentuk sebuah sphere, kontak inner surface dengan outer surface sangat kecil. Hal ini bisa membentuk bearing berputar lebih halus. Benda ini juga sangat cocok digunakan untuk menahan beban-beban yang tidak terlalu berat dan membuatnya semakin efisien.

Bahan baku utama pembuatannya adalah stainless steel.  Jika sebelumnya terbuat dari kayu,  dan seiring berjalannya waktu mengalami pengembangan dari segi bahan baku yang digunakan. Kualitas baja yang digunakan sebagai bahan baku tentu akan mempengaruhi kualitas produk. Bahan baku tersebut juga harus anti-karat agar tidak mengurangi kekuatannya bila digunakan secara terus menerus dan bisa menyebabkan kerusakan. Bila bahan baku utama mudah terkontaminasi partikel tertentu seperti debu, maka akan menghambat kinerja mesin.

Logam Makmur menyediakan ball bearing yang terbuat dari bahan-bahan baku berkualitas tinggi dan sudah teruji kemampuannya sesuai dengan standar internasional yang sudah baku. Dengan demikian, mampu memberikan hasil yang optimal saat digunakan.