Universal Joint

Universal Joint

Universal joint adalah sebuah komponen penghubung engsel yang sumbunya berdekatan satu sama lain dan digunakan sebagai poros untuk menciptakan gerakan memutar. Komponen ini terdiri dari sepasang engsel yang letaknya berdekatan, diposisikan pada derajat tertentu antara satu sama lain dan dihubungkan oleh poros silang (cross shaft).

Secara umum, universal joint merupakan sebuah komponen penghubung engsel. Sumbu benda ini letaknya saling berdekatan antara satu sumbu dengan lainnya. Tujuannya adalah untuk menciptakan gerakan yang memutar. Komponen utamanya terdiri dari sepasang engsel yang saling berdekatan, kemudian diposisikan dalam derajat tertentu dihubungkan dengan poros silang (cross shaft). Adanya bearing dalam komponen memungkinkan keduanya berputar secara bersama pada sudut berbeda. Perputaran tersebut tidak terjadi secara konstan maupun bergetar secara bebas.

Berdasarkan penggunaan ada beberapa jenis, terutama untuk mesin dalam perindustrian. Hingga untuk kendaraan. Jenis tersebut antara lain adalah hook joint, flexible joint, dan uniform velocity joint. Hook joint memiliki konstruksi sederhana dengan fungsi yang akurat dan konstan. Flexible joint memiliki keuntungan tidak mudah aus, tidak berisik, dan tidak memerlukan lubrikasi. Uniform velocity joint merupakan model yang bisa membuat kecepatan sebuah sudut menjadi lebih baik sehingga mampu untuk meredam getaran dan suara bising. Selain jenis tersebut, ada pula jenis trunion joint dan slip joint.

Terbuat dari bahan baku stainless steel dan naval brass dengan kualitas terbaik dan berstandar internasional. Universal joint mampu bertahan di segala jenis cuaca dan kondisi. Dengan begitu, performa suatu mesin pun bisa bekerja secara maksimal. Bila tidak memiliki bahan baku berkualitas baik bisa berisiko mengalami korosi sehingga tidak bisa memberikan performa mesin secara optimal.

Logam Makmur menyediakan universal joint dari produk berkualitas terbaik di dunia  dan sesuai dengan standar internasional untuk kebutuhan mesin-mesin industri dan otomotif. Terdapat beberapa ukuran yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pada mesin Anda.