Perbedaan Ball Bearing dengan Roller Bearing

Bearing atau yang biasa disebut dengan laher adalah sebuah part atau elemen yang memiliki peran untuk membatasi gerak relatif antara dua komponen atau lebih agar selalu bergerak sesuai arah yang diinginkan.

Pada umumnya, ada dua jenis bearing yang banyak digunakan dalam kebutuhan mesin. Di antaranya:

Sebenarnya hal ini bergantung pada bentuk komponen gelinding (mimis), bearing dibagi menjadi dua kelompok utama yakni ball bearing dan roller bearing. Ball bearing memiliki kontak berupa titik antara komponen gelinding dan raceaway, dan ini membuat mereka mampu menurunkan beban gesekan sehingga ball bearing mampu berjalan dengan kecepatan tinggi namun kemampuan menopang beban menjadi rendah sampai sedang. Di sisi lain, rolling bearing memiliki kontak berupa garis antara komponen gelinding dan raceaway. Dan hasilnya mereka mampu menopang beban berat dengan mudah, akan tetapi kecepatan yang dapat dihasilkan untuk mengoperasikannya hanya dalam kecepatan rendah sampai dengan kecepatan sedang.

Untuk lebih jelas lagi, mari kita bahas lebih lanjut perbedaan spesifik yang terdapat pada dua jenis tipe bearing tersebut:

1. Ball Bearing

Ball Bearing merupakan bearing yang menggunakan bola baja yang diletakkan di kedua rel yang berfungsi sebagai alur dan jalannya bola tersebut berputar. Ball Bearing tak hanya digunakan untuk automotive equipment. Biasanya komponen ini digunakan pada mesin dan alat-alat rumah tangga.

Jenis Bearing ini punya kinerja sederhana tapi gerak putarnya efektif. Sehingga menjadi bearing yang paling dipakai karena bisa mewakili baik beban putar (radial load) ataupun beban tekan dari samping (thtust load). Akan tetapi diusahakan tidak untuk pemakaian pada beban yang berat. Adapun jenis-jenis bearing tipe ball ini adalah sebagai berikut:

  1. Deep Grove Ball Bearing
  2. Angular Contact Ball Bearing
  3. Self-Aligning Ball Bearing
  4. Thrust Ball Bearing

2. Rolling Bearing

Rolling Bearing pada umumnya meggunakan roll sebagai tumpuannya dan mempunyai garis kontak antara rol dan rel. Berbeda dengan tipe Ball Bearing, Bearing tipe ini dapat menahan beban sedang sampai dengan berat namun dengan kecepatan sedang dan terbatas. Sesuai dengan namanya, roller bearing berupa roller yang berbentuk silinder, dan kinerjanya adalah kontak antara bagian dalam (inner race) dan bagian luar (outer eace) bukan bertumpu pada satu titik seperti pada ball bearing, tapi segaris (sesuai lebar roller). Dan karena titik tumpunya lebih lebar atau lebih dari satu titik, maka kekuatan tumpuan bebannya juga lebih besar. Roller bearing ini juga bervariasi termasuk termasuk Needle Bearing, yakni menggunakan silinder dengan diameter yang sangat kecil, karena itulah, disamakan dengan jarum (needle)Adapun jenis-jenis bearing tip roller ini adalah sebagai berikut:

  1. Spherical Roller Bearing
  2. Tapered Roller Bearing
  3. Cylindrical Roller Bearing
  4. Needle Roller Bearing

Jika anda bingung untuk mendapatkan bearing dengan kualitas yang terjamin, Logam Makmur adalah distributor utama untuk segala jenis roller bearing.

Jadi bagi anda sedang mencari supplier bearing yang terbaik dan terpercaya untuk berbagai bearing seperti KOYO, NTN, NSK, SKF, HIWIN, atau IBK maka Logam Makmur merupakan solusi terbaik untuk kebutuhan bearing anda. Untuk info lebih lengkapnya, anda dapat menghubungi kami melalui email di sales@logam-makmur.com atau chat langsung ke nomor whatsapp (0819-0538-3841)

ALAMAT
Jl. Taman Sari VIII No.63 A, RT.10/RW.1,
Kota Tua, Taman Sari, Tamansari,
Kota Jakarta Barat,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11150
JAM BUKA

WEEKDAY08.00am – 04.00pm
SATURDAY08.00am – 02.00pm
SUNDAYClosed

Copyright 2018 LOGAM MAKMUR