Perhatikan Cara Membersihkan Karburator Motor Yang Benar

Tahukah Anda bahwa karburator merupakan salah satu komponen dari motor yang harus selalu diperhatikan kebersihannya. Hal ini dikarenakan, karburator memiliki peran yang sangat penting untuk proses pembakaran antara udara dan juga bahan bakar.

Sehingga ketika karburator itu mengalami masalah atau kotor, tentu akan berpengaruh pada ruang pembakaran dan menjadikan performa motor menjadi tidak maksimal.

Karburator yang kotor biasanya disebabkan oleh beberapa hal, salah satu diantaranya adalah karena pegasnya yang mulai kehilangan kelenturan. Untuk membersihkan karburator yang kotor,

Anda bisa memanfaatkan engine degreaser dari Logam Makmur yang terjamin kualitasnya. Lalu bagaimanakah cara yang benar dalam menggunakan engine degreaser agar motor selalu terawat dan memiliki performa yang maksimal?

1. Matikan Mesin Motor

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mematikan mesin motor agar karburator berada dalam kondisi yang tidak panas. Ada yang menganjurkan semprot ketika motor dalam kondisi hangat dan ada juga yang menyarankan menggunakan engine degreaser ketika mesin benar-benar dalam keadaan dingin.

Beberapa ahli otomotif menyarankan, agar membersihkan motor saat pagi hari atau ketika motor belum dihidupkan sama sekali. Apapun pilihannya, demi keamanan bersama jangan gunakan engine degreaser ketika karburator masih dalam keadaan yang panas.

2. Mulai kocok kaleng engine degreaser

Jika Anda sudah memastikan karburator dalam keadaan yang hangat atau dingin, Anda bisa mulai menyemprotkan engine degreaser dengan mengocoknya terlebih dahulu. Jika sudah, untuk amannya Anda bisa menggunakan kain lap agar mudah diaplikasikan ke bagian-bagian luar yang kotor.

Ulangi ke semua bagian yang kotor, sampai terlihat bersih. Sedangkan pada bagian-bagian yang tersembunyi, Anda bisa menggunakan kuas yang sebelumnya sudah disemprotkan engine degreaser.

Jangkau bagian-bagian dalam karburator yang terlihat kotor agar bisa bersih maksimal. Lakukan berulang dan tunggu hasilnya sampai kotoran benar-benar luruh dan bersih.

3. Gunakan lap basah untuk sentuhan akhir

Setelah Anda memastikan kalau karburator sudah bersih, Anda bisa mengambil kain lap yang sudah dibasahi sehingga agak basah ataupun lembab. Lalu bersihkan atau lap bagian-bagian karburator yang tadi sudah Anda bersihkan dengan engine degreaser.

Bersihkan atau lap secara menyeluruh dan merata, sampai tidak ada lagi kotoran yang tersisa. Terutama pada tempat-tempat yang sebelumnya terkena semprotan engine degreaser.

4. Perhatikan bagian sambungan kabel

Inilah bagian yang perlu diperhatikan dengan baik ketika Anda melakukan pembersihan karburator dengan menggunakan engine degreaser yaitu pastikan soket dan sambungan kabel yang ada pada karburator dibersihkan dengan cara dilap saja.

Hal ini dimaksudkan, agar tidak ada cairan-cairan yang terselip di antara soket ataupun kabel karburator. Yang mana jika tidak diperhatikan dengan baik, cairan yang menyelip akan menyebabkan kroslet pada mesin motor. Sehingga motor terkadang sulit untuk dijalankan.

Jika semuanya sudah selesai, Anda bisa melakukan pengecekan pada performa motor dengan tes jalan. Anda akan merasakan perbedaan antara sebelum karburator dibersihkan dan sesudahnya.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dalam melakukan pembersihan karburator motor. Anda juga bisa memanfaatkan beberapa produk engine degreaser yang kami tawarkan untuk Anda.

Pembersih karburator yang mereka ciptakan, dibuat dengan formula khusus yang berguna untuk membersihkan karburator yang kotor dan mengalami penumpukan flek. Sehingga bisa bersih secara maksimal tanpa adanya sisa kotoran.

Sekian informasi yang bisa diberikan seputar bagaimana cara membersihkan karburator motor dengan benar dengan engine degreaser. Klik menu “produk” pada situs kami untuk mendapatkan berbagai produk kebutuhan motor Anda. Semoga bermanfaat !

Related Posts