Apa Itu Water Pump Bearing?

Seperti yang sudah Anda ketahui, ada berbagai jenis bearing atau bantalan yang tersedia di pasaran. Hal ini bisa jadi menimbulkan kebingungan, terutama jika Anda bukan seseorang yang sangat familiar dengan dunia permesinan dan komponen-komponennya.

Dan salah satu jenis bearing yang bisa Anda temukan di pasaran adalah water pump bearing. Dan bagi Anda yang belum familiar dengan jenis bearing yang satu ini, tapi barangkali sedang membutuhkan komponen yang satu ini, Anda bisa simak penjelasan berikut untuk memandu Anda agar lebih mengenal dan memahami apa itu water pump bearing serta kegunaannya. Selamat membaca dan semoga informasi berikut bermanfaat untuk Anda, ya!

Mengenal Water Pump Bearing

Dari segi desain dan konstruksi, water pump bearing memiliki bearing atau bantalan ganda. Hanya saja, yang menjadi salah satu karakteristik utama yang membedakannya dengan double row bearing adalah bahwa water pump bearing tidak memiliki inner ring, tapi punya raceway yang terpasang langsung pada permukaan porosnya.

Karena desainnya yang seperti itu, water pump bearing pun memiliki lebih banyak ruang yang tersedia untuk elemen rolling, yang berdampak pada kemampuannya dalam menanggung kapasitas beban yang secara spesifik lebih tinggi dibandingkan desain single bearing konvensional.

Lebih jauh lagi, water pump bearing pun lebih mampu dalam mencapai kombinasi ekonomis antara baris bola dan roller. Di dalam desain yang demikian, jenis bearing yang satu ini pun mampu memiliki jangkauan kapasitas angkut beban yang luas.

Penggunaan outer ring yang umum pada dua baris elemen rolling pada konstruksi water pump bearing ini memiliki tujuan khusus. Pasalnya, desain yang demikian mampu mencegah berbagai risiko terjadinya kerusakan atau kecacatan karena bearing yang tidak pas, yang juga mengeliminasi risiko distorsi bearing yang tidak diinginkan.

Dalam water pump bearing, ujung dari poros normalnya memanjang sampai outer ring pada kedua sisinya. Panjang serta diameter dari bagian yang dipanjangkan ini disesuaikan berdasarkan penggunaan atau pengaplikasian tertentu. Hal tersebut menghasilkan unit bearing yang sederhana dan siap dipasangkan, yang fungsi utamanya adalah untuk penggunaan pada pompa air kendaraan.

Meski demikian, sebenarnya penggunaan jenis bearing yang satu ini tak hanya terbatas untuk pompa air kendaraan, seperti yang ditunjukkan oleh namanya. Pasalnya, karena keunggulan dari desain dan konstruksi dari water pump bearing, jenis bearing atau bantalan yang satu ini pun dapat diaplikasikan pada penggunaan lainnya. Contohnya pada kipas, tension pulley, angle grinder, dan vane pump. Dan karena penggunaan water pump bearing tak hanya terbatas untuk pompa air kendaraan inilah yang membuat jenis bearing ini lebih umum dikenal dengan nama integral shaft bearing.

Water pump bearing atau integral shaft bearing ini sendiri memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Poros yang terbuat dari stainless steel atau kuningan.
  • Outer race yang terbuat dari baja kuningan yang dikeraskan.
  • Bola dari baja kuningan.
  • Cage yang terbuat dari baja atau nylon.

Desain jenis bearing yang satu ini juga dikenal sangat ringkas (compact), sehingga bisa memuat baik itu dua baris bola atau satu baris bola dengan satu baris roller. Anda juga bisa mendapatkan water pump bearing atau integral shaft bearing yang sudah termasuk dengan pelumas guna menjamin umur pakai yang panjang, serta bearing yang sudah tersegal guna menghindari risiko kontaminasi. Di samping itu, Anda juga bisa mendapatkan bearing ini dengan diameter yang sangat beragam. Hal ini bertujuan untuk fleksibilitas penggunaan bearing yang dapat diaplikasikan pada berbagai mesin seperti yang sudah dijelaskan di atas.